LP (Laporan Pendahuluan) Keperawatan Lengkap

Kumpulan Laporan Pendahuluan Keperawatan, Asuhan Keperawatan Lengkap,SAP Dan Leaflet, Tugas-Tugas Kuliah Keperawatan Lainnya

24/03/17

LAPORAN PENDAHAULUAN RESIKO BUNUH DIRI LENGKAP



A . Masalah utama : Resiko Bunuh diri
1.   Pengertian bunuh diri
a.       Bunuh diri di definisikan oleh Herdman (2015  ) sebagai tin dakan yang secara adar dilakukan oleh klien untuk mengakhiri kehidupannya .
b.      Bunuh diri merupakan suatu sindrome yang merupakan  manifestasi dari trauma     psikologis yang sangat dalam , tidak mempunyai harapan , dan harapan yang rendah untuk mendapatkan pertolongan terhadappenderitaan yang di alami ( Brendel  et  al dalam Varcolish  & Heatler , 2008 ) .
c.       Bunuh diri adalah tindakan sengaja membunuh diri sendiri . Menyakiti diri adalah istilah lebih luas mengacu pada disengaja keracunan diri sendiri secara sengaja atau cidera , yang mungkin tidak memiliki niat fatal atau  hasil ( WHO 2014 ) .
d.      Bunuh diri adalah penyebab ke empat kematian untuk usia 25  -24 , dan penyebab utama kematian bagi individu  usia 45-46 ( Tousend 2004 ) .
e.       Bunuh diri adalah penyebeb ke 10 kematian , jumlah lebih banya dari pembunuh , yang merupakan 15 penyebab utama kematian di America serikat  ( American Asociation of psikologi ) ( dalam stuard , 2013 )

2.   Kategori bunuh diri , ( Stuard ,2007 )
a.       Bunuh diri langsung
b.      Adalah tindakan yg di sadari dn di sengaja untk mengakhiri hidup seperti pengorbanan diri membakar diri , menggantung diri , melompat dari ketinggian . dll
c.       Bunuh diri tidak langsung
d.      Adalah keinginan tersediri yang tersembunyi yang tidak di sadari untuk mati , yang di tandai dengan prilaku kronis beresiko seperti penyalah gunaan zat , makannan berlebihan , aktivitas sex bebas , ketidak patuhan terhadap program medis , atau olah raga dan pekerjaan yang membahayakan .
3.   Prilaku resiko bunuh diri
Menurut (stuard ,2013 ) prilaku bunuh diri di bagi kedalam ide bunuh diri , ancaman bunuh diri , percobaan bunuh diri , dan bunuh diri .
a.       Ide bunuh diri
Adalah pemikiran untuk melakukan bunuh diri .
b.      Ancaman bunuh diri
Adalah peringatan langsung atau tidak langsung verbal ataw nn verbal bahwa seseorang berencana mengakhiri hidupnya .
c.       Percobaan bunuh diri
Semua tindakan terhadap diri sendiri yang dapat menyebabkan kematian , jika tidak di cegah .
d.      Bunuh diri
Upaya tindakan bunuh diri yang akan menyebabkan kematian jika tidak di temukan tepat waktunya .
4.   Jenis bunuh diri
a.       Bunuh diri egoisti adalah karna kekecewaan terhadap masyarakat , maka ia meninggalkan masyarakat itu .
b.      Bunuh diri altruistik adalah bunuh diri demi orang lain ataw membersihkan kesalahannya .
c.       Bunuh diri anomik adalah bunuh diri dalam keadaaan masyarakat yng kacau ( tidak ada hukuman , pegangan agama menurun , dukungan sosial tidak ada ).
5.   Skala
a.   SKALA INTENSITAS BUNUH DIRI ( S I R S )
1.      Skore 0 .
Tidak ada ide bunuh diri yang lalu dn sekarang .
2.      Skor 1 :
Adaide bunuh diri , tidak ada percobaan bunuh diri , tidak mengancam bnuh diri
3.      Skor 2 :
Memikirkan bunuh diri dengan aktiv , tidak ada percobaan bunh diri .
4.      Skor 3
Misal tinggalkan saya ataw saya bunuh diri .
5.      Skor 4
Aktiv mencoba bunuh diri .
b.   SAD PERSONES SCALE
a.       Sex ( laki –laki )
b.      Usia lebih muda dari 19 atu usi lebih tua dari 45 tahun .
c.       Depresi ( cukup parah untuk di anggap sifnifikan secara klinis
d.      Mencoba bunuh diri sebelumnya ataw menerima layanan kesehatan .
e.       Alkohol Berlebihan atau penggunaan narkoba .
f.        Berpikir rasional hilng terpisah , bercerai ataw janda ( atau orang lain akhir dari hubungan yang signifikan .
g.      Rencana bunuh diri terorganisir atau ATTEMP SERIUS  tidak ada atau sedikit dukungan sosial  penyakit kronis ataw penyakit medis .

1.   Rentan Respon



1.      Peningkatan diri
Seorang dapat meningkatkan proteksi ataw pertahanan diri secara wajar terhadap situasional yng membutuhkan pertahanan diri .  ex ; seorang mempertahankan diri dari pendapatannya yang berbeda mengenai loyalitas terhadap pimpinan di tempat kerjanya.
2.      Pengambilan resiko yang meningkatkan pertumbuhan
Seorang memiliki kecenderungan ataw beresiko mengalami prilaku destruktif atau menyalahkan diri sendiri terhadap situasi yang seharusnya dapt mempertahankan diri , seperti seseorang patah sengangat bekerja ketika dirinya di anggap didak loysl teradap pimpinan padahal ia sudah melakukan pekerjaan secara optimal .
3.      Destruktif diri secara tidak  langsung .
Seseorang telah mengambil sikap yang tidak tepat ( maladaptif ) terhadap situasi yang membutuhkan dirinya untuk mempertahankan diri . misal karna pandangan pimpinan terhadap dirinya yang tidak loyal , maka seorang karyawan menjadi tiak masuk kantor ataw bekerja senaknya dan tidk optimal .
4.      Pencederaan diri
Seorang melakukan penederaan diri atw percobaan bunuh diri akibatnya hilangnya harapan terhadap situasi yang ada .
5.      Bunuh diri
Seorang telah melakukan kegiatan bunuh diri sampai dengan nyawanya hilang .

1.   MITOS dan FAKTA Resiko bunuh diri .
Mitos
a.       Orang orang yang bicara bunuh diri mereka tidak bunuh diri , bunuh diri terjadi tanpa peringatan .
b.      Bunuh diri tidak dapan ti hentikan dia sepenuhnya berniat berniat mati .
c.       Semua orang bunuh diri adalah gangguan jiwa , dan bunuh diri adalh tindakan orang psikotik .
d.      Ancaman bunuh diri merupakan upaya untuk mengambil perhatian dan tidak perlu di ambil serius .
e.       Orang 2 biasanya melakukan bunuh diri dengan overdosis obat .
f.        Jika orang telah melakukan percobaan bunuhdiri dia tidak akan melakukannya lagi   .

FAKTA

a.       Delapan dari sepuluh orang yang bunuh diri mereka telah  memberikan petunjuk yang pasti dari peringatan tentang niat buruk mereka .
b.      Orsng ysng ingin bunuh diri hanya ingin bunuh diri dalam waktu yang terbatas .
c.       Bunuh diri tidak di wariskan .
d.      Orng ynag ingin bunuh diri mereka tidak selal psikotik , mereka hanya tidak Mendapatkan solusi dari masalahnya .
e.       Luka tembak adalah penyebab utama dari kematian korban bunuh diri .
f.        Antara 50 dan 80 dari semua orang yang bunuh diri memiliki sejarah sebelumnya .

Fakta menurut WHO , 2014
a.    Lebih dari 800.000 meninggal akibat bunuh diri setiap tahun .
b.   Bunuh diri adalah penyebab utama dari kematian ke 2 di antarar usia 15-29 tahun .
c.    Untuk setiap bunuh diri adda lebih banyak mencoba bunuh diri setiap tahun .
d.   Minuman pesstisida menggantung dan senjata api metode yg paling umum dari bunuh diri secara global .

B . Proses terjadinya masalah
1.   Faktor predisposisi
a.    Teori genetik dan biologis
1 . Genetik
Prilaku bunuhdiri menurut shadock  dan shadock (2011) serta Varcarolis dan Hitler ( 2010 ) merupakan sesuatu yang di turunkan dalam  keluarga kembar monozigot memiliki reriko dalam melakukan bunuh diri stuard  ( 2011 ) : videback , 2011.
2 . Hubungan neurokimia
Nourotransmiter adalah zat kimia dalam otak dari sel ke saraf , peningkatan dan penurunan neuro transmiter mengakibatkan perubahan pada prilaku .
Neurotrasmiter yg yang di kaitkan dengan prilaku bunuh diri adalah dopamine , neuroepineprin , asetil koln dan asam amino , dan gaba  stuard 2011, videback , 2011 .
3 . Diagnosis psikiatri
Lebih dari 90 % orang dewasa yg mengahiri hidupnya dengan bunuh diri mengalami gangguan jiwa . 4 gangguan jiwa yang beriko menimbulkan individu untuk bunuh diri adalah gangguan modd , penyalah gunaan zat , skizofrenia , dan gangguan kecemasan ( stuard , 2013 ) .

b . Faktor psikologi
1)      Kebencian terhadap diri sendiri
Bunuh diri merupakan hasil dari bentuk penyerangan ataw kemarahan terhaapp orang lain yang tidsk di trima dan di mannifestasikan atau di tunjuksn pada diri sendiri  ( stuard 2011 dan videbeck 2011 & varcholis & hitler , 2010 . )
2)      Ciri kepribadian
Keempat aspek kepribadian yg terkait dengan peningkatan resiko bunuh diri adalah permusuhan , impulsif depresi dn putus asa ( stuard 2013 ) .

3)      Teori psikodinamika
Menyatakan bahwa depresi kaarna kehilangan suatu yang di cintai , raka keputus asaan  , kesepian , dan kehilangan harga diri ( shadock 2011 )  . Bunuh diri merupakan suatu cara mengakhiri satu rasa sakit ynag di rasakan . ( Fortinash&worret , 2004 ) .
C . Faktor soaial budaya
1)      Beberapa faktor yang mengarah kepada bunuh diri adalah kemisknan dan ketikmampuan memenuhi kebutuhan ,dasar , pernikahan yang hancur , keluarga dengan orang tua tunggal ( Towsend , 2009 ) .
2)      Faktor budaya yang di dalmanya adalh faktor spiritual , nilai yang di anut olehkeluarga , pandangsn teerhadap prilaku yang menyebabkan kematian , berdampak pada angka jejadian bunuh diri ( Krch et al ( 2008 dalam Varcorolish & hitler , 2010 ) .
3)      Kehilangan , kurangnya dukungan sosIal dan peristiwa keidupan yang negativ , dan penyakit fisik kronish . Baru baru ini perpisahan perceraian dan penurunan dukungan sosial merupakan faktor penting dengan berhubungan dengan resiko bunuh diri .( stuard 2013 )

2.   Faktor prepitasi ( stuard , 2009 )
a)   Akibat stres berlebihan yang di alami individu
b)   Masalah interpresonal
c)   Kehilangan pekerjaan
d)   Ancaman pengurungan
e)   Dipermalukan di depan umum

3.   Penilaian stresor
Upaya bunuh diritidak mungkin di prediksi di setiap tingkat yang bermakna . oleh krna itu perawat harus mengkaji faktor resiko bunuh diri yanng di ketahui pada setiap indifidu dan menen tukan makana setiap elemen ini terhadap potensi bunuh diri ( stuard , 2006 ) .
4.   Mekanism koping
Seorang pasien dapat mengunakan berbagai mekanisme kopi yang untung mengatasi prilaku yang merusak  diri sendiri . ermasuk penyangkalan , rasionalisasi , regresi dan pemikiran magis (stuard,  2013 )

5.   Sumber koping
a)      seorang dapat mengatasi resiko bunuh diri dengan menggunakan sumber   koping nternal dan external yang tersedia ( stuard , 2011 ) .
sumberkoping terdiri dari kemempun personal dan dukungan sosial , aset mtrial dan keyakinan ( stuard , 2011, videbeck 2011 ) .

b)      Kemampuan scara fisik teridentifikasi dari kondisi fisik yang sehat . meliputi kemampuan kognitif afektif dan , perilaku sosisal . seluruh emampuan ini di gunakan dalam rangka mengontrol kondisi resiko bunuh diri yang di rasakan oleh klien ( stuard , 2011)
Summber dukungan sosial pada klien dengan resiko bunuh diri meliputi dukungan dlam membantu klien mengontrol perasaan sedih yang berkepanjangan . Dukungan yang di berikan dapat berupa dukungan fisik dan psikologis . dukungan fisik diporoleh dari keterlibatan aktiv keluarga , dalam mengontrol perasaan klen .

c)       Aset material yang dapat diperleh kien dengan resiko bunuh diri meliputi dukungan finansial yang membantu perawatan klien di rumah sakit . tidk terpenuhi aset matrial seperti penghsilan kurang sulit memperoleh layanan kesehatan , tidak memiliki pekerjaan akan berpoensi menimbulkan resiko bunuh diri , akibat tidak optimalnay sumberkoping yang di miliki oleh klien .

d)      Keyakinan positif pada klien dengan resiko bunuh diri diperoleh dari keyakinan klien terhadap kondisi kesehatan dan kemempuan diri dalam mengontrol perasan sedih berkepanjangan yang di rasakan . Adanya keyakinan yg positif  akan berpotensi meningkatkan motivasi klien  untuk menggunakan mekanisme koping yang adaptif . Sebaliknya keyakinan yang negatif akan meningkatkan resiko bunuh diri yang di alami oleh klien dan jelas akan menimbulkan prilaku maladaptifpada klien . pada klien dengan resiko bunuhn diri umumnya tidak memiliki kemampuan untuk membuat keputusan secara rsional . orang dengan resiko bunuh diri cenderung menghindar . ( stuard , 2011, videbeck ,2011 , sadoc & sadock , 2010 ).


C.  Daftar Masalah dan Data yang perlu di kaji
Daftar Masalah , Stuart , ( 2009 )
a)   Resiko prilaku kekerasan terhadap diri
b)   Resiko bunuh diri
c)   Ketidak patuhan
d)   Mutilasi diri
e)   Ketidak berdayaan
f)    Keputusasaan
g)   Kecemasan
h)   Koping individu in efektik
i)    Haarga diri kronik

3. Data yang perlu dikaji
Tanda dan gejala resiko bunuh diri dapa di nilai dari ungkapan pasien yang menunjukan keinginan atw ppikiran untuk mengakhiri hidup dan didukung dengan data hasil wawancara dan observasi .
a.    Data subjektif
Pasien mengungkapkan tantangan :
1)   Merassa hidup tak berguna lagi
2)   Ingin mati
3)   Pernah mencoba bunuh diri
4)   Mengancam bunuh diri
5)   Merasa bersalah / sedih , marah , putus asa , tidak berdaya .
b.   Data objectiv
1)   Expresi murung
2)   Tak bergairah banyak diam
Ada bekas percobaan bunuh diri , ( kemenkes , 2012 ) .

D. Pohon Masalah


E. Diagnosa Keperawatan : Resiko Bunuh Diri
Diagnosis Medis : Depresi

F. Rencana Tindakan Keperawatan
Diagnosa Keperawatan
SP/ kemempuan klien
SP / KELUARGA
Resiko bunuh diri
SP 1 :
1.     Idententifikasi beratnya masalah resiko bunuh diri , isyarat , ancaman , percobaan ( jika percobaan segera di rujuk )
2.     Identifikasi benda benda berbhay dan mengamankannya ( lingkungan aman untuk pasien ) .
3.     Latih cara mengendalikan diri dari dorongan bunuh diri : buat daftar aspek positif diri sendiri , latian afirmasi / berfikir positif yang demiliki
4.     Masukan pada jadwal positif 5 kali /perhari .
5.     SP 2 :
6.     Evaluasi kegiatan berfikir positif tentang diri sendiri , beri pujian kaji ulang resiko bunuh diri .
7.     Latih cara mengendalikan diri dari dorongan bunuh diri : buat aspek daftar keluarga dan ling kungan , latih afirmasi positif kelurga dan lingkungan .
8.     Masukan jadwal berfikir positif tentang diri , keluaarga dan lngkungan .
SP 3 :
1.     Evaluasi kegiatan berfkir positif tentang , keluarga dan lingkngan . beri pujian dan kaji resiko bunuh diri .
2.     Diskusikan harapan dan masa depan .
3.     Diskisikan caara mencapai harapan dan masadepan
4.     Latih cara mencapai haarapan dan masa depan secara bertahap .
5.     Masukan pada jadwal latihan berfikir positif , tentang diri , keluarga dan lingkungan kegiatan yang di pilih .
SP 4 :
1.     Evaluasi kegiatan berfikir positif tentang diri , keluarga dan lingkungan serta kegiatan yang di pilih beri pujian .
2.     Latih tahap kedua kegiatan mencapai masa depan .
3.     Masukan jadwal pada latihn berfikir positif , pada diri keluarga serta kegiatan yang di pilih untuk persiapan masadepan .

SP 5 s.d 12 :
1.     Evaluasi kegiatan latihan peningkatan positif diri keluarga dan lingkungan beri pujiana .
2.     Evaluasi tahap kegiatan dalam mencapai massadepan
3.     Latihan kegiatan harian
4.     Nilai kemampuan yang telah mandiri .
5.     Nilai apakah resiko bnuh diri teratasi .



SP 1 :
1.  Diskusikan masalah yang di rasakan dalam merawat pasien .
2.  Jelaskan pengertian , tanda dan gejala proses terjadinya bunuh diri
3.  Jelaskan cara merawt resiko bunuh diri .
4.  Latih cara memberikan hal positif pasien , memberi dukungan pencapaian dukungan di massa depan .
SP 2 :
1.  Evaluasi kegiatan keluarga dalam memberikan pjian dan penghargaan atas keberhasilan dan aspek positif pasien .  keluarga . beri pijian
2.  Latih cara memberikan penghargaan pada pasien dan menciptakan suasana positf dan keluarga tidak membicarakan anggota keluarga .
3.  Anjurkan membantu pasien sesui jadwal dan memberi pujian .

SP 3 :
1.  Evaluasi kegiatan keluarga dalam memberikan pujian dan penghargaaan pada pasien serta menciptakan suasana positif dalam keluarga . beri pujian .
2.  Bersama keluarga pasien mendiskusikan tentang harapan masadepan sera langkah langkah mencapainya .
3.  Anjurkan untuk membantu pasien sesuai jadual dan berikan pujian .



G . Intervensi Spesialis
a.    Terapi individu terapi CBT
b.   Terapikelompok : logoterapi  terapi suportif
c.    Terapi keluarga : Terapi komunikasi
d.   Terapi komunitas : Asertive comunitive therapy (SAK FIK-UI, 2014 ) .



















BAHAN BACAAN

American Phicitry Acociation  (2012 ) . DEFINITIN OFMENTAL DISORDER .www diakses tanggal 24 mei 2012
Depkes ( 2011 ) Program kesehatan jiwa www. Depkes go.id akses pada tanggal 23 mei 2013 .
Fortaine , Kl ( 2009 ) . mental health nursing  (jersey : person Education , inc .
Frisch , N.C & Frinsch , LE (2006) . Psychiatric  maeteal healt nurse    (3 ed ) . canada : thomson .
NANDA International ( 2012 ) DIAGNOSA Keperawatan definisi dan klasifikasi 2012-2014, jakarta : egc .
Sadock, B.J & Sadock V.A 2010 Kaplan & Sadock  : buku ajar psikiatri klinis (edisi 2 jakart )
WHO (2014 ) . Fact Sheet
Shives R.L(2005). Basic concepts of psychiatric-mental health nursing. (6th ed.). philadelphia.lippinocott williams dan wilkins.
Stuart, G.W. princles and practice of psychiatric nursing, 10th edition, elsevier mosby, st.louis
Towsend,C.M.(2009).psychiatric mental health nursing. (6th ed.) philadelphia; F.A. davis company
Towsend, M.C. (2014).  Psychiatric mental nursing concepts of care in evidence-based practice, 6th ed. Philadelphia; F.A. davis company
Varcarolis, E.M. dan halter, M.J (2010). Foundation of psychiatric mental health nursing : a clinical approach. St. Louis : saunders Elsevier.
Varcarolis, E.M. et  al.(2006). Foundation of psychiatric mental health nursing . 4th  ed St Louis. Elseiver inc.
Videbeck, S.L..(2011). Buku ajar keperawatan jiwa.  (renata komalasari, dkk,penerjemah). Jakarta :EGC.
WHO. (2014). Fact sheet suicide.diakses pada September 2014.


Tidak ada komentar: